Friday, January 7, 2011

James Hetfield (METALLICA)

James=Metallica
Siapa sih yang tidak kenal band yang bernama METALLICA…?
Band metal yang menurut saya adalah band terbaik sepanjang masa. Nothing more metal than

METALLICA.
Bila kita membicarakan METALLICA, maka itu tidak terlepas dari sesosok yang bernama James Hetfield. Sesosok orang yang bertampang sangar dan berbadan tegap ini sangat bisa menggambarkan bagaimana dahsyatnya musik yang lahir di L.A tahun 1981 itu. Ditambah perannya sebagai penulis hampir seluruh lirik lagu-lagu yang dibawakan Metallica, tidak salah lagi kalau kita mengatakan James adalah the real Metallica.
Asal tahu saja,semua yang dituliskan dalam baris lirik lagu Metallica adalah ungkapan hati dari seorang James. Dan dia sangat jeli dalam mengamati sekitarnya yang akhirnya dituangkan kedalam lirik-lirik lagu.
Di atas panggung,James adalah pendekar.Berdiri tegap dengan mulut menempel di mic sambil menarikan jarinya di atas dawai gitar ESP yang menjadi andalannya.
Jangan menilai seseorang dari fisiknya adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan sosok dari pria pecinta rugby ini. Dilahirkan di Los Angeles tanggal 3 Agustus 1963, James adalah seseorang yang kurang mendapat kasih sayang. Ibunya meninggal ketika dia masih balita,dan hubungan dengan ayahnya pun bisa dikatakan kurang harmonis.
Kehilangan sosok ibu di masa kecil jelas membuat James depresi. Hal ini yang jadi faktor penyebab dia tumbuh menjadi pria yang sensitif. Untuk menutupi rasa depresi itu,James kecil menghibur dirinya dengan menulis puisi. Kebiasaan inilah yang membuatnya mampu menciptakan lirik-lirik jenius pada lagu-lagu Metallica.
Dari saudara tirinya,James mengenal band-band rock seperti Led Zeppelin,Black Sabbath,dan Deep Purple yang mnjadi band favoritnya.
Band pertama James bernama Leather Charm. Di band ini dia bertugas jadi gitaris. Namanya juga band anak muda,Leather Charm tidak berumur panjang. Begitu band ini bubar,James sempat jadi gitaris untuk beberapa band lain. Sayang, semua bernasib sama seperti Leather Charm. Bubar di tengah jalan.
Karena saking ngebetnya punya band,James nekat memasang iklan di sebuah harian.Awalnya memang tak ada yang menanggapi.Untung James sabar dan mau beriklan berkali-kali di harian itu. Akhirnya, salah satu iklan yang dipasangnya mempertemukannya dengan Lars Ulrich.
Selanjutnya,bisa ditebak. Mereka sepakat membentuk band bernama The Young of Metal Attacks, dan mengajak serta Ron Mc-Govney dan Lloyd Grant sebagai basis dan rhythm guitarist. Sedang posisi vokalis dirangkap oleh James. Band ini kelak berganti nama jadi Metallica dan menjelma jadi salah satu band metal yang paling terkenal sepanjang sejarah.

0 comments:

Post a Comment